Daftar Haji Khusus ONH plus Jakarta 2013

Biro haji Umrah penyelenggara Travel Haji info harga biaya Umrah plus 2013 kuota Depag ongkos naik haji paket murah

Rukun-Rukun Haji yang wajib di ketahui

Rahasia haji kali ini akan memposting rukun-rukun haji. Sobat ! ada beberapa rukun haji yang wajib di ketahui oleh kita semua terutama yang mau melakunan ibadah haji . yuk kita simak apa sih rukun haji itu ?adapun rukun haji sebagai berikut :

Rukun-Rukun Haji

1. Niat

Berdasarkan firman Allah SWT: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus…” (QS Al-Bayyinah: 5).
Dan sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya.”

2. Wukuf di Padang Arafah

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, “Haji adalah wukuf di Arafah.” (HR Ibnu Majah, Tirmidzi, Nasa’i, dan Abu Dawud).

3. Menginap di Muzdalifah sampai terbit fajar dan shalat Shubuh di sana

Berdasarkan sabda Rasulullah kepada Urwah, “Barangsiapa yang mengikuti shalat kami (di Muzdalifah), lalu bermalam bersama kami hingga kami berangkat, dan sebelum itu dia benar-benar telah wukuf di Arafah pada malam atau siang hari, maka hajinya telah sempurna dan ia telah menghilangkan kotorannya.” (HR Ibnu Majah, Tirmidzi, Abu Dawud, Nasa’i).

4. Thawaf Ifadhah

Berdasarkan firman Allah SWT: “…Dan hendaklah mereka melakukan Thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS Al-Hajj: 29)
Dan dari Aisyah RA, ia berkata, “Shafiyah binti Huyay mengalami haidh setelah merampungkan thawaf Ifadhah.” Lalu ia berkata lagi, “Kemudian hal tersebut aku beritahukan kepada Rasulullah SAW, beliau pun bersabda, “Apakah ia akan menghalangi kita (untuk pergi)?” “Wahai Rasulullah, ia telah thawaf Ifadhah, ia telah thawaf mengelilingi Ka’bah lalu haidh setelah thawaf Ifadhah,” jawabku. Rasulullah SAW bersabda, “Kalau begitu kita berangkat.” (HR Muttafaq Alaih)
Sabda beliau, “Apakah ia akan menghalangi kita (untuk pergi)?” menunjukkan bahwa thawaf ini harus dikerjakan. Thawaf ini dapat menghalangi kepergian orang yang belum melaksanakannya.

5. Sa’i antara Shafa dan Marwah

Berdasarkan sa’inya Rasulullah SAW dan sabda beliau, “Kerjakanlah sa’i, sesungguhnya Allah telah mewajibkan sa’i atas kalian.” (HR Ahmad, Hakim)

demikian rukun haji yang wajib di ketahui oleh setiap muslim semoga artikel ini memberikan manfaat bagia Sobat yang membacanya dan memberikan pahala bgi yang menulisnya amien ...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Rahasia Haji / rahasiabisnis travel haji / rukun haji dengan judul Rukun-Rukun Haji yang wajib di ketahui . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://rahasia-haji.blogspot.com/2013/01/rukun-rukun-haji-yang-wajib-di-ketahui.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 09 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "Rukun-Rukun Haji yang wajib di ketahui "

Posting Komentar

Post Terbaru