Daftar Haji Khusus ONH plus Jakarta 2013

Biro haji Umrah penyelenggara Travel Haji info harga biaya Umrah plus 2013 kuota Depag ongkos naik haji paket murah

Hal-Hal Yang Di wajibkan Dalam Ibadah Haji

Kalau pada postingan sebelumnya rahasiah haji memposting masalah Rukun-Rukun Haji kali ini Rahasia Haji akaan sharing hal-hal yang diwajibkan dalam ibadah haji ada pun yang di wajibkan dalam haji sebagai berikut :

1. Berihram dari miqat-miqat

Yaitu dengan melepas pakaian dan mengenakan pakaian ihram, kemudian niat dengan mengucapkan, “Aku penuhi panggilanmu ya Allah untuk menunaikan ibadah umrah.”

Atau, “Aku penuhi panggilanmu ya Allah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah.”

2. Bermalam di Mina pada malam hari-hari Tasyriq

Hal ini karena Rasulullah SAW bermalam di sana. Beliau memberi keringanan bagi penggembala unta di Baitullah, mereka melontar pada hari Nahr (hari raya kurban), sehari setelahnya, lalu dua hari setelahnya dan pada hari mereka menyelesaikan ibadah haji (nafar). Rasulullah memberi keringanan kepada mereka, ini merupakan dalil akan wajibnya hal ini bagi yang lainnya.

3. Melempar jumrah secara tertib

Yaitu dengan melempar jumrah Aqabah pada hari Nahr menggunakan tujuh kerikil, lalu melempar ketiga jumrah pada hari-hari tasyriq setelah matahari tergelincir. Setiap jumrah dilempar dengan tujuh kerikil, dimulai dengan jumrah Ula kemudian jumrah Wustha dan diakhiri dengan jumrah Aqabah.

4. Thawaf Wada’

Berdasarkan hadits Ibnu Abbas RA. “Telah diperintahkan kepada manusia agar mengakhiri ibadah hajinya dengan thawaf di Baitullah, namun diberi kelonggaran bagi wanita haidh.” (HR Muttafaq Alaih).

5. Mencukur rambut atau memendekkannya

Yang kelima Hal-hal yang di wajibkan dalam ibadah haji yaitu Mencukur dan memendekkan rambut disyariatkan, baik dalam Alquran, sunnah maupun ijma’.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesunguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut…” (QS Al-Fath: 27).

Dari Abdullah bin Umar bahwasannya Rasulullah SAW berdoa, “Ya Allah, rahmatilah orang-orang yang mencukur (gundul) rambutnya.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?” Beliau berdoa lagi, “Ya Allah, rahmatilah orang-orang yang mencukur (gundul) rambutnya.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?” Beliau berdoa lagi, “Ya Allah, rahmatilah orang-orang yang mencukur (gundul) rambutnya.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?” Beliau berdoa lagi, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.”

Jumhur ulama berselisih pendapat akan hukum mencukur atau memendekkan rambut ini. Sebagian besar dari mereka berpendapat hukumnya wajib, orang yang meninggalkannya wajib membayar dam (denda), sedangkan ulama madzhab Syafi’i berpendapat mencukur atau memendekkan rambut merupakan salah satu di antara rukun-rukun haji. Faktor yang membuat mereka berselisih pendapat adalah karena tidak adanya dalil yang menguatkan pendapat yang pertama maupun yang kedua, sebagaimana yang dikatakan oleh Syekh Al-Albani

demikian lah Hal-Hal yang di wajibkan dalam berhaji semoga bermanfaan bagi sobat sekalian amien
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel haji / Biaya Haji 2013 / Biro haji / daftar Haji / Daftar Haji 2013 / Haji Jakarta / Haji Khusus 2013 / Paket Haji / Rahasia Haji / rahasiabisnis travel haji dengan judul Hal-Hal Yang Di wajibkan Dalam Ibadah Haji . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://rahasia-haji.blogspot.com/2013/01/Hal-yang-di-wajibkan-dalam-haji.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 10 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "Hal-Hal Yang Di wajibkan Dalam Ibadah Haji "

Posting Komentar

Post Terbaru